Latest News

Senin, 30 November 2015

Tersesat Di Adonara



Pesona Pulau Adonara

Mungkin belum banyak yang tahu, dimana itu Adonara berada, well Adonara  adalah sebuah pulau yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara, lebih tepatnya  di sebelah timur Pulau Flores. Luas wilayahnya 509 km², dan titik tertingginya 1.676 m. Pulau ini dibatasi oleh Laut Flores di sebelah utara, Selat Solor di selatan (memisahkan dengan Pulau Solor), serta Selat Lowotobi di barat (memisahkan dengan Pulau Flores.)
Adonara terdengar indah ditelinga, pada kenyataannya pulau kecil ini memang sangat indah, walau keindahan pulau ini belum banyak didengar oleh banyak orang, masih kalah dengan pulau-pulau tetangganya seperti flores atau lembata.
Hanya penduduk disekitar NTT yang familiar dengan Adorana, saya juga tidak sengaja berkunjung kesana, ceritanya saat saya sedang traveling di flores, tidak sengaja berjumpa dengan kawan-kawan dari Adonara, cerita dari mereka membuat saya nekat mengunjungi Adonara. Dan saya tidak menyesal dengan kenekataan ini, karena saya menemukan banyak sekali keindahan yang belum banyak di jamaah wisatawaan, lebih tepatnya bisa dipamerkan di sosmed lebih wah karena belum banyak yang pernah kesini.  Yang saya temukan mulai dari gunung berapi yang masih aktif, sentra tenun, pantai yang masih perawan hinga laguna super cantik.

Secara administratif, Pulau Adonara termasuk wilayah Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Adonara merupakan satu di antara dua pulau utama pada kepulauan di wilayah Kabupaten Flores Timur. Adonara dahulu merupakan sebuah kerajaan yang didirikan pada tahun 1650.
Secara umum, masyarakat di pulau Adonara bertani. karena kondisi geografisnya..pertanian disini adalah pertanian lahan kering. Hasil utama dari pertanian ini yaitu..jagung, ubi atau singkong serta tanaman perkebunan seperti kelapa, tembakau, vanili, coklat dan cengkeh.
Pulau Adonara merupakan bagian dari Kabupaten Flores Timur dengan ibukota kabupaten yaitu Larantuka. Kabupaten Flores Timur sendiri terdiri dari 3 bagian yaitu Flores Daratan (ujung timur pulau Flores), Pulau Adonara dan Pulau Solor. Pulau Adonara terdiri dari 8 kecamatan, yaitu :
  • Kecamatan Adonara
  • Kecamatan Adonara Barat
  • Kecamatan Adonara Tengah
  • Kecamatan Adonara Timur
  • Kecamatan Ile Boleng
  • Kecamatan Kelubagolit / Klubagolit
  • Kecamatan Witihama / Watihama
  • Kecamatan Wotan Ulumado
Selain sistem pemerintahan negara, di Adonara juga terdapat sistem pemerintahan berdasarkan suku. Di dalam sebuah suku terdapat seorang kepala suku. Selain kepala suku, ada juga sekelompok masyarakat yang turut berperan dalam sistem pemerintahan adat yaitu kaum bangsawan atau dalam bahasa Lamaholot disebut Ata Kebelen.
Kepala suku memegang peranan dalam hal upacara adat, menjatuhkan sanksi adat, dan hal-hal lain yang lebih bersifat spiritual. Sedangkan para Ata Kebelen biasanya memegang tampuk kekuasaan pemerintahan (seperti kepala dusun, kepala desa, lurah atau camat). Di antara keduanya terjalin hubungan yang baik dan tidak saling melangkahi kewenangan masing-masing.
Gunung Ile Boleng di Pulau Adonara, NTT


Bagaimana menuju Adonara



Jika mengikuti rute saya maka, cara mengunjungi adonara seperti berikut:
1.      Pesawat Jakarta – kupang
Banyak sekali penerbangan dari Jakarta ke kupang. Tiket mulai dari 900rban sekali jalan
2.      Pesawat kupang – larantuka
Larantuka adalah adalah kota terdekat dengan Adonara, saya mengunakan pesawat kecil dari Trans Nusa (www.transnusa.co.id). Tidak mahal harga mulai dari 300rban.
3.      Larantuka – Adonara
Saya mengunakan perahu menyebrangi selat Lewotobi dan sampailah di pelabuhan Tobilota, Adonara. Waku yang dibutuhkan hanya sekitar 15 menit, biaya yang dibutuhkan juga tidak mahal.

Dari Laratuka ke Adonara saya disuguhi pemandangan indah, langit biru bersih yang tidak saya dapatkan di Jakarta, laut yang tenang tanpa arus, hamparan birunya laut berpadu sempurna dengan hijaunya gunung-gunung disekitar Laratuka menuju Adonara


Waiwerang

Jalanan di Adonara sudah beraspal, akan tetapi banyak yang sudah mulai rusak, selama perjalanan dari pelabuhan ke pusat kota Adonara di Waiwerang, saya banyak melewati jalanan berbatu dengan kontur berbelok-belok mengikuti kontur gunung. Sekilas Waiwerang Adalah pusat dari Adonara dan merupakan kota terbesar di Adonara, Waiwerang berada pinggir pantai dengan kontur tanah yang miring. Disini rumah penduduk cukup padat, berada di pinggir pantai. Karena kota terbesar dan pusat pemerintahan fasilitas hidup di Waiwerang cukup lengkap. Mulai dari kantor pemerintahan, bank, puskesmas dan penginapan ada disini


Gunung Ile Boleng, Adomara


Kemana saja

Saya tidak memiliki banyak waktu selama di Adonara, karena memang tidak planning kesini, tidak bisa explore lama dan menjelajah semua tempat menariknya.



Pantai Deri

Berada di ujung timur Adonara, pantai berpasir coklat kehitaman ini berada di desa Deri Kecamatan Ile Boleng. Dari pantai ini anda bisa melihat Pulau Lembata dengan jelas. Fasilitas di pantai ini sebenarnya sudah ada tapi mulai banyak yang rusak tidak terawat. Karena saya kesana saat hari kerja, jadi berasa pantai milik sendiri. Karena menurut penjaganya baru ramai saat hari libur saja.


Pulau Lembata terlihat dari Adonara



Pantai Watotena  

Pantai berpasir putih selalu menjadi fav saya. Pantai Watotena  terletak di Desa Bedalewun, Kecamatan Ile Boleng. Dari kota Waiwerang hanya berjarak 11 Km dan karena ini bukan Jakarta, 11 Km berasa sangat dekat sekali. Tanpa macet dan padet bow. Mungkin hanya jalanan cukup menantang.

Bila anda berkunjung kesini, anda akan disambut pasir putih dan debur ombak yang pas buat galau dan kangen mantan #eh. Air laut biru tertimpa sinar matahari sukses membuat saya jatuh cinta dengan pantai ini.

Pada sisi lain pantai ini anda bisa menemukan hiasan batu magma, batu magma berwarna hitam ini berasal dari letusan gunung Ile Ape, batu-batu magma ini sukses mempercantik pantai Watotena

Saya hanya bisa menikmati 2 pantai itu, tidak sempat mengunjungi sentra tenun atau Danau Kotakaya yang direkomendasikan penduduk setempat.





Tinggal dimana

Saya memutuskan menginap di Larantuka, karena jarang sekali penginapan di Adonara, bahkan di kota besarnya di Waiwerang saya kesulitan menemukan penginapan. Jadi saran saya lebih baik menginap di Larantuka, toh jarak larantuka – adonara cukup dekat dan murah. Anda bisa googling sudah banyak penginapa disana. Untuk kemarin saya ke hotel Fortuna dan hanya dikenai tariff 100rb permalam.


Sekian reportase saya, selamat tersesat dikeindahan Adonara. Salam satu jiwa Arema. untuk artikel ketjeh tentang ke indahan indonesia jangan lupa mampir ke website indonesia-diversity.id

1 komentar:

Recent Post