Latest News

Minggu, 02 April 2017

Taman Literasi Keuangan Bersama Prudential Indonesia

Nabung Dulu, Rumah Di Menteng kemudian
Saya selalu iri saat traveling keluar negeri adalah taman mereka. Serius, entah kenapa mereka punya taman yang indah dan nyaman. Bahkan Negara komunis semacam Vietnam, di Saigon saya bisa lihat mereka punya banyak taman yang sangat nyaman, semua orang bisa melakukan banyak aktivitas bersama-sama.
Sebenarnya di Jakarta, kita punya banyak space yang di jadikan taman, akan tetapi, yup, sangat menyedihkan keadaannya, padahal beberapa taman letaknya sangat strategis.  Sehingga bisa di akses banyak warga.Kita sangat butuh ruang terbuka untuk hangout karena cukup bosan dengan mall yang hanya menawarkan hal yang sama. taman-taman yang nyaman dengan sisi edukasinya, saya yakin sangat dirindukan warga Jakarta. 
Area terbuka memberi kita ruang untuk lebih bebas bergerak, bereksplorasi dan menambah wawasan. Saya yakin, kita sangat rindu bermain ditaman, olahraga atau hanya sekedar duduk-duduk ditaman. Saking rindunya akan taman, kalau sedang traveling keluar negeri saya selalu menyempatkan diri duduk-duduk ditaman, do nothing, hanya ingin sedikit menghirup udara dan menikmati ruang terbuka.

Well saya membawa kabar gembira nih, sebenarnya bukan dari saya, tapi Prudential. Pasti banyak yang nanya apa hubungan Prudential dengan Taman. Jadi cerita singkatnya Prudential Indonesia, memenangkan kejuaran Prudential tingkat International, pemenang kategori inovasipada kompetisi Chairman Challenge tingkat CSR Prudential sedunia, sebagai juara pertama, Prudential Indonesia mendapatdana hibah untuk merubah sebuah taman di Jakarta menjadi Taman Literasi Keuangan.
Taman yang dipilih adalah Taman Mataram, yang terletak di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Taman ini dibangun atas kerjasama Prudential Indonesia, Prestasi Junior Indonesia, Fakultas Arsitektur Teknologi Universitas Trisakti dan Pemerintah DKI.
Taman Literasi Keuangan ini diharapkan dapat dinikmati oleh semua orang, letaknya yang strategis dan mudah diakses, memungkinkan sekali untuk dikunjungi. 
Di taman ini, ditata dengan sangat apik sehingga membuat pengunjung merasa nyaman, banyak tempat duduk, aneka tanaman yang menambah indah taman, aneka permainan keuangan yang bisa dinikmati semua orang dan banyak sekali plang dengan kata-kata motivasi yang berkualitas.

30 Maret 2017 lalu, Saya bersama teman-teman Blogger yang tergabung dalam indonesian social blogpreneur, berkesempatan mengunjungi Taman Literasi Keuangan, pada kesempatan itu juga sedang diadakan pembukaan yang juga dihadir  Sean Rach, Chief Marketing Officer, Prudential  Corporation Asia, Paul Mandua, Chairman Prudential plc (Prudential Group in London) serta perwakilan Prudential Indonesia, Nini Sumohandoyo, Corporate Marketing & Communications Director dan Relawan Prudential.
Pada kesempatan itu, juga dimeriahkan oleh siswa siswi dari SD Selong 4 dan SMK 15 Jakarta. ada banyak drumband, anak-anak mencoba aneka permainan, dan edukasi kepada anak-anak. Taman yang instagramable ini seru dikunjungi oleh semua orang yang rindu akan ruang terbuka.
Buat yang penasaran apa itu Taman Literasi keuangan, literasi keuangan adalah rangkaian proses atau aktivitas untuk meningkatkan pengetahuan, keyakinan, & keterampilan konsumen dan masyarakat luas sehingga mereka mampu mengelola keuangan dengan baik, pengertian ini adalah menurut OJK.
 Permainan yang telah disediakan seperti:
-           - Game Board Cha Ching, permainan ini bertujuan melatih mengelola transaksi keuangan dengan bijak. apakah uang yang didapat untuk ditabung, dibelanjakan atau disumbangkan. ada sesi perolehan, sesi menyumbang dan lainnya. kita bisa belajar bagaimana mengelola keuangan dengan baik dan benar. plus permainannya seru sekali, bisa dimainkan mulai dari anak-anak sampai orang dewasa.
-          - Mencocok Kartu Asuransi, permainan ini bertujuan meningkatkan pemahaman masyarakat tentang asuransi sebagai bentuk proteksi. jadi disini kita bisa tau lebih banyak manfaat dan tujuan asuransi.
-          - Rambu-rambu Pengelolaan Uang, ini cukup seru, karena kita bisa belajar tips-tips keuangan yang baru, seperti pendapatan itu ditabung terlebih dulu baru di belanjakan. dan banyak tips menarik lainnya. 
bbeneran deh, kalian harus mencoba taman ini, karena seru sekali buat tempat hangout bareng teman, menikmati sore Jakarta yang sebenarnya indah, dinikmati diruang terbuka.
-


     Selain itu, terdapat 8 Signage yang berisi tips pengelola keuangan yang terpasang di taman, dengan adanya fasilitas permainan edukasi harapannya taman tersebut selain buat rekreasi keluarga bisa berguna untuk sarana pendidikan keuangan bagi generasi muda.

doc, ISB
So what you waiting for. Semoga semakin banyak ruang terbuka berkualitas seperti ini.  


.

3 komentar:

  1. Cetar banget ini Taman Literasi Keuangan ya

    BalasHapus
  2. Wah Kalo mau kesana harus ajak anak nih, pasti seru

    BalasHapus

Recent Post