Latest News

Rabu, 16 Agustus 2017

Pesona Kopi dan Cokelat Indonesia




Bagaimana kamu memulai harimu? Kalau saya tentu saja dengan segelas kopi di pagi hari, saya selalu memulai hari dengan harumnya kopi, kalau tidak saya bisa bikin bete semua orang. Kopi+pagi hari + hari kerja, itu wajib. Favorite saya kopi solok, tapi kopi dari Indonesia lainnya juga patut untuk dicoba.
Sedangkan segelas coklat hangat dengan potongan kecil marshmallow diatasnya, selalu sukses membuat mood saya makin ceria.
Kopi dan coklat? Well perpaduan sempurna bukan?

Tentang kopi indonesia

Indonesia adalah salah satu negara produsen dan eksportir kopi paling besar di dunia. Kebanyakan hasil produksinya adalah varietas robusta yang berkualitas lebih rendah. Indonesia juga terkenal karena memiliki sejumlah kopi khusus seperti 'kopi luwak' (dikenal sebagai kopi yang paling mahal di dunia) dan 'kopi Mandailing' (lihat di bawah). Berkaitan dengan komoditi-komoditi agrikultur, kopi adalah penghasil devisa terbesar keempat untuk Indonesia setelah minyak sawit, karet dan kakao.
Hitam, pahit, tapi menenangkan. Bukan, bukan kenangan mantan. Kopi! Yup, minuman yang satu ini memang udah sejak lama dikenal untuk dikonsumsi. Rasanya yang khas membuat banyak orang menikmati seduhan kopi. Siapa sangka, ternyata Indonesia memiliki banyak jenis kopi yang tersebar di seluruh nusantara. Kenikmatan kopi asal Indonesia bahkan udah terkenal secara mendunia. Kali ini Loop akan ngasih tahu beberapa jenis kopi asal Indonesia yang sangat terkenal di dunia.
Kopi diperkenalkan di Nusantara oleh Belanda yang pada awalnya menanam pohon-pohon kopi di sekitar wilayah kekuasaan mereka di Batavia namun kemudian dengan cepat mengekspansi produksi kopi ke wilayah Bogor dan Sukabumi di Jawa Barat di abad ke-17 dan abad ke-18. Indonesia terbukti memiliki iklim yang hampir ideal untuk produksi kopi dan karenanya perkebunan-perkebunan segera didirikan di wilayah-wilayah lain di Jawa, Sumatra dan juga di Sulawesi.
Pada saat ini, perkebunan kopi Indonesia mencakup total wilayah kira-kira 1,24 juta hektar, 933 hektar perkebunan robusta dan 307 hektar perkebunan arabika. Lebih dari 90% dari total perkebunan dibudidayakan oleh para petani skala kecil. Seperti yang telah disebutkan di atas dan mirip dengan raksasa kopi regional Vietnam, sebagian besar hasil produksi biji kopi Indonesia adalah varietas robusta yang berkualitas lebih rendah. Biji arabika yang berkualitas lebih tinggi kebanyakan diproduksi oleh negara-negara Amerika Selatan seperti Brazil, Kolombia, El Salvador dan Kosta Rika. Oleh karena itu, sebagian besar ekspor kopi Indonesia (kira-kira 80%) terdiri dari biji robusta. Ekspor kopi olahan hanyalah bagian kecil dari total ekspor kopi Indonesia.
Cerita tentang cokelat indonesia

Di Indonesia, kakao mulia dihasilkan oleh beberapa perkebunan tua di Jawa, seperti di Kabupaten Jember yang dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara XII (Persero). Kultivar-kultivar penghasil kakao mulia berasal dari pemuliaan yang dilakukan pada masa kolonial Belanda, dan dikenal dari namanya yang berawalan "DR" (misalnya DR-38). Singkatan ini diambil dari singkatan nama perkebunan tempat dilakukannya seleksi (Djati Roenggo, di daerah Ungaran, Jawa Tengah). Kakao mulia berpenyerbukan sendiri dan berasal dari tipe Criollo.
Sebagian besar daerah produsen kakao di Indonesia menghasilkan kakao curah. Kakao curah berasal dari kultivar-kultivar yang self-incompatible. Kualitas kakao curah biasanya rendah, meskipun produksinya lebih tinggi. Bukan rasa yang diutamakan tetapi biasanya kandungan lemaknya.
Produksi kakao dunia telah meningkat dari 1,5 juta ton pada tahun 1983-1984 menjadi 3,5 juta ton pada tahun 2003-2004, hampir seluruhnya karena perluasan area produksi. Kakao ditanam baik oleh perkebunan besar dan agroindustri produsen kecil. Sebagian besar produksi berasal dari jutaan petani yang memiliki beberapa pohon masing-masing.
Pohon kakao mulai berbuah dan dipanen ketika tanaman sudah berumur empat atau lima tahun. Pohon dewasa mungkin memiliki 6.000 bunga dalam setahun, namun hanya sekitar 20 buah yang dihasilkan. Sekitar 300-600 biji (kira-kira dari 10 buah) yang dibutuhkan untuk menghasilkan 1 kg pasta kakao.

Indonesia is Me
Seberapa Indonesia kamu? Seberapa ngerti kamu tentang Indonesia, seberapa hebat kekayaan indonesia, sadarkah kalian kita tinggal di negara yang kaya akan semuanya. Dari intan permata sampai luar biasanya hasil pertanian!

Talk Show Pesona Kopi dan Cokelat Indonesia

Salah satu rangkaian program #IndonesiaIsMe dari Synthesis Development, adalah Talk Show dengan Judul “Pesona Kopi dan Cokelat Indonesia”. Synthesis Development sendiri merupakan perusahaan properti yang memiliki banyak proyek di area residensial, perumahan, dan retail. 

Dalam rangka kemerdekaan Indonesia ke 72, Synthesis Development mengelar program berjudul #IndonesiaIsMe berjudul Pesta Merdeka dan mengangkat tema seni, budaya, serta inspirasi Indonesia, dan diselenggarakan dalam rangka perayaan kemerdekaan Indonesia. Masih ada banyak acara lagi dalam rangkaian ini hingga tanggal 20 Agustus 2017 di Kota Kasablanka, misalnya pertunjukan tari dan wayang, juga termasuk talkshow menarik lainnya, selain mengenai kopi dan cokelat Indonesia.
Nino Fernandez : Kopi untuk Semua 
Kopi susu sedang menjadi hits di Indonesia, apalagi sejak Presiden Jokowi mencoba salah satu kopi susu disebuah kedai kopi lokal. Salah satu kedai kopi yang sedang booming adalah di.bawah tangga milik Nino Fernandes, seorang aktor yang memiliki ketertarikan dengan kopi, kedai kopinya yang dia klaim bisa dinikmati oleh Semua kalangan.
Bersama Synthesis Development di talk show “Pesona Kopi dan Cokelat Indonesia” Nino bercerita tentang keinginannya untuk mensejahterakan para petani kopi di Indonesia. Oleh karena itu kedai kopi di bawah tangga mengunakan kopi lokal asli indonesia.

Gerakan Kopi Persahabatan

 

Saya pribadi sudah tahu gerakan pak Lukas Christian ini sejak lama dan sangat ngefans dengan gerakan kopi persahabatan beliau. Misi beliau adalah menjalin persahabatan lewat secangkir kopi. Kopi yang ditawarkan pak Lukas adalah kopi hitam karena beliau ingin sekalian mengedukasi penikmat kopi nusantara bahwa kopi enak itu tanpa susu dan gula. Kopi hitam tanpa kopi dan gula bisa membuat kita tahu citarasa asli kopi. Penasaran dengan gerakan Kopi persahabatan bisa langsung ke >>> http://gerakankopipersahabatan.org/

CHOCOOFaza

salah satu narasumber pada acara talkshow ‘Pesona Kopi dan Cokelat Indonesia’ Aldi Maulidiansyah, mengatakan bahwa sebagai penghasil kakao terbesar ke 3 indonesia cukup unik dalam pengolahan Kakao, jadi kakao yang dihasilkan di Indonesia, diekpor keluar negeri baru kemudian di impor kembali setelah di olah dengan harga cukup mahal.  Oleh karena itu Aldi dan teman-temannya mendirikan CHOCOOfaza. Yang mengunakan kakao asli indonesia dan di olah sendiri.  Penasaran dengan CHOCOOfaza klik langsung disini https://chocoofaza.wordpress.com/
Yuk segera ke Kokas, selama rangkaian acara Pesta Merdeka di Kota Kasablanka, juga ada pameran proyek property dari Synthesis Development seperti Synthesis Residence Kemang, Samara Suites, dan Prajawangsa City.
Oh ya selama periode Pesta Merdeka, yakni dari tanggal 15 – 20 Agustus 2017, Synthesis Development juga ada aneka promo, seperti Beli 1 Gratis 1, iPhone 7, voucher belanja, dan paket wisata ke Bali, yuk langsung meluncur ke Pesta Merdeka di Grand Atrium, Kota Kasablanka!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent Post