Latest News

Kamis, 14 September 2017

Setiap Susu Berbeda



Setiap Susu Berbeda
Susu adalah cairan bergizi berwarna putih yang dihasilkan oleh kelenjar susu mamalia, salah satunya manusia. Susu adalah sumber gizi utama bagi bayi sebelum mereka dapat mencerna makanan padat. Susu binatang (biasanya sapi) juga diolah menjadi berbagai produk seperti mentega, yogurt, es krim, keju, susu kental manis, susu bubuk dan lain-lainnya untuk konsumsi manusia.
Dewasa ini, susu memiliki banyak fungsi dan manfaat. Untuk umur produktif, susu membantu pertumbuhan mereka.Sementara itu, untuk orang lanjut usia, susu membantu menopang tulang agar tidak keropos. Susu secara alami mengandung nutrisi penting, seperti bermacam-macam vitamin, protein, kalsium, magnesium, fosfor, dan zinc, pendapat lain menambahkan bahwa susu mengandung mineral dan lemak.Oleh karena itu, setiap orang dianjurkan minum susu. Sekarang banyak susu yang dikemas dalam bentuk yang unik. Tujuan dari ini agar orang tertarik untuk membeli dan minum susu. Ada juga susu yang berbentuk fermentasi.
Manfaat Susu Untuk Kesehatan

1. Sumber Kalsium dan Protein
Beberapa produk susu mengandung kalsium dan protein dengan tingkat tinggi, lebih dari kebutuhan harian yang terhadap zat ini. Bahkan produk olahan susu yang rendah lemak, seperti manfaat yogurt atau keju rendah lemak. Hanya secangkir  yogurt plain tanpa lemak misalnya, memberikan sepertiga dari asupan kalsium harian yang disarankan dari 17% estimasi asupan protein harian.


2. Menjaga Kesehatan Gigi dan Tulang
Kalsium di dalam susu merupakan zat yang paling penting untuk kesehatan tulang. Kalsium tidak hanya baik untuk pertumbuhan tulang pada anak-anak, namun demikian juga pada orang dewasa sangat dibutuhkan untuk menjaga kekuatan tulang dan mencegah terjadinya resiko osteoporosis.
Harap diperhatikan saat membeli susu, pilihlah susu dengan tambahan vitamin D di dalamnya untuk membantu penyerapan kalsium di dalam tubuh.  Kalsium ini juga membantu menjaga gigi tumbuh dengan sehat dan mencegahnya berlubang.


3. Memperbaiki Tekanan Darah
Penelitian yang dilakukan di Spanyol pada lebih dari 5.000 orang dewasa, pada mereka yang dilaporkan mengkonsumsi susu rendah lemak, 54% lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan tekanan darah tinggi selama periode dua tahun.

4. Menjaga Berat Badan
Banyak orang yang meninggalkan susu pada program dietnya. Padahal penelitian menunjukkan bahwa perempuan yang mengkonsumsi susu rendah lemak atau susu skim, dapat menurunkan berat badan lebih dari mereka yang tidak mengkonsumsi susu. Susu  dapat menjadi camilan sehat dengan menambahkan potongan manfaat buah-buahan ke dalam segelas susu untuk makan malam.

5. Mengurangi Stress
Minum susu di akhir hari adalah salah satu cara yang baik, setelah penat seharian beraktivitas. Segelas susu hangat akan membantu mengendurkan otot yang tegang dan menenangkan saraf.  Jika mungkin anda tidak bisa mendapatkan manfaat kopi karena tidak menyukainya, susu hangat dapat menggantikannya.

6. Meningkatkan Energi Saat PMS
Susu baik dikonsumsi saat masa-masa PMS para wanita untuk meningkatkan energi. Wanita yang lebih banyak mendapatkan kalsium dan vitamin D sepanjang bulan dengan minum susu skim atau susu rendah lemak memiliki risiko lebih rendah untuk mengembangkan PMS, menurut sebuah studi dari University of Massachusetts di Amherst.

7. Mempengaruhi Kesuburan Untuk Mendapatkan Anak
Sedang melakukan program untuk memiliki bayi?? Tambahkan susu ke dalam menu makanan sehari-hari. Pada sebuah penelitian di universitas Harvard menemukan, wanita yang mengkonsumsi lebih dari satu porsi susu tinggi lemak sekitar 25%, lebih kecil kemungkinannya untuk menderita masalah ovulasi dibandingkan dengan mereka yang lebih sedikit meminum susu dalam seminggu.

Setiap Susu berbeda



Bertempat di Sleepy Head Coffee Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Bersama para Blogger dari Komunitas ISB. Mengankat sebuah tema Setiap susu berbeda. Acara ini lebih ke diskusi, hadir sebagai narasumber adalah dokter Martin seorang dokter anak yang juga jurnalis. 

Kita sebagai blogger bisa bertanya banyak seputar susu. Dan dr martin menjawab dengan sabar setiap pertanyaan kami.
Ada beberapa jenis susu


1.     Susu Skim
Anda yang tengah menjalankan diet ketat dan sama sekali tak ingin mengonsumsi susu yang mengandung lemak, bisa memilih susu satu ini. Karena susu skim mengandung lemak kurang dari 1%. Di pasaran, susu skim tersedia dalam bentuk cair dan bubuk. Merek susu seperti Indomilk dan Tropicana Slim, menyediakan susu skim dalam bentuk kemasan karton.
2.     Susu Full Cream
Susu satu ini termasuk jenis susu yang cukup familiar dan banyak dikonsumsi semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Karena full cream mengandung kalsium yang cukup tinggi, serta Vit. A dan Vit, D. susu full cream mengandung lemak sebanyak 4%. Susu full cream juga kerap ditambahkan ke dalam adonan roti atau Cake sebagai bahan pelembut dan pemberi rasa gurih.  Di pasaran,  Anda bisa menemukan jenis susu ini dalam bentuk cucuk, kental manis hingga cair, seperti brand Frisian Flag, Dancow dan Ultra Jaya.
3.     Susu Pasteur
Seperti namanya, jenis susu ini merupakan susu sapi segar yang telah dipasteurisasi dalam suhu 65-80 ºC selama 15 menit, sehingga bebas bakteri patogen penyebab penyakit. Salah satu merek susu Pasteur yang cukup terkenal adalah Bear Brand atau Susu Beruang, yang tersedia dalam kemasan kalengan

4.    Susu Evaporated
Jenis susu ini memiliki cita rasa yang tawar, namun teksturnya seperti susu kental manis. Karena susu telah mengalami evaporasi untuk menghilangkan uap di dalamnya sehingga susu menjadi sangat kental. Susu Evaporasi bisa Anda temukan di pasaran dengan merek F&N, Marigold atau Carnation dalam kemasan kalengan.

5.     Susu UHT
Atau ultra high temperature, hampir sama dengan susu pasteurisasi karena juga mengalami proses pemanasan. Hanya saja suhu yang digunakan mencapai 140 ºC, dan dipanaskan selama 2 detik saja. Selanjutnya susu langsung dikemas dalam karton kedap udara jenis Tetra Pack, dan bisa disimpan dalam jangka waktu lama.  Brand Susu Ultra Jaya merupakan salah satu merek susu UHT yang cukup populer di pasaran
ambil dr mba Gita siwi


4 komentar:

  1. Wah..susu banyak jenisnya ya ternyata haha yang aku tau cuma susu formula sama SKM aja.

    BalasHapus
  2. Beuhhh fotonya bikin ngiler semua ini :)

    BalasHapus
  3. akhir-akhir ini karna uht lagi banyak promo, jadinya minum uht aja

    BalasHapus
  4. banyak jenis susu dan kita perlu cerdas memilih yaaaa

    BalasHapus

Recent Post