Latest News

Sabtu, 04 November 2017

San Remo: Selamat Hari Pasta Sedunia



Hi Guys, Happy Weekend 


Weekend project kali ini mau mengajak kalian menjelajah kenikmatan makanan Italia, bicara tentang makanan italia pasti tidak lepas dari aneka pasta lezat mereka. Yup anda benar, yuk mengenal lebih lanjut aneka pasta Italia favorit kita. 
Siapa yang tidak suka italian food, salah satu masakan paling enak sedunia, dan kalau bicara masalah italian food pasti tidak akan jauh-jauh dari pasta, yup aneka olahan pasta, saya yakin pasti sudah familiar di lidah sobat semuanya. Mulai dari lagsana yang yummy, Aglio e ollio yang mudah, atau bumbu bologness yang sudah familiar dilidah kita atau aneka variasi hasil kreasi kita, seperti dikombinasi dengan bumbu rendang, sate atau kari dan lainnya.  
Saya salah satu yang tergila-gila dengan pasta, dalam menu mingguan saya, pasti ada minimal satu kali saya memasak pasta untuk keluarga, paling sering menu dinner karena pasta selalu praktis dibuat. Sehabis pulang kerja yang melelahkan, memasak pasta selalu jadi pilihan cepat, sehat dan mudah.
Dan kalau kamu bertanya merk pasta favorite saya, tentu saja San Remo? Tanya kenapa? Well akan saya jelaskan secara singkat ya. 

Sejarah San Remo 
Semua sudah tahu bahwa pasta berasal dari Italia, tapi tahukah kamu bagaimana dulu pasta ditemukan. Semua bermulai sejak perang dunia pertama, pasta salah satu pilihan makanan untuk dikonsumi saat perang dunia pertama. Pasta dipilih karena tidak mudah berubah menjadi glukosa sehingga tidak menaikkan gula darah dalam tubuh secara signifikan. Pasta memiliki banyak kandungan gizi dan baik untuk kesehatan.
Pada tahun 1963, Luigi Crotti membangun usaha pasta dari rumahnya bernama San Remo. Sebuah nama yang diambil dari nama kota kelahirannya, Italia. Perkembangan San Remo semakin pesat dan banyak orang yang mulai mengikuti teknik memasaknya. Hanya saja kualitas bahan baku gandum dari segi rasa dan kandungan gizi terbilang masih kurang.
Setelah berkelana ke beberapa Negara untuk mencari bahan baku utama pasta dengan kualitas terbaik. Akhirnya Luigi menemukan satu Negara dengan kualitas gandum terbaik yaitu di Australia Selatan. Produksi pasta kemudian dipindahkan ke Australia. Selain itu Australia memiliki suhu dan temperature yang sesuai.
San Remo kini memiliki kantor dan pusat distribusi di semua kota-kota utama di seluruh Australia dan Selandia Baru, dan ekspor ke-35 Negara di seluruh dunia salah satunya Indonesia.
San Remo diproduksi dari Gandum Durum Semolina. Gandum ini tumbuh di dataran sejuk dan merupakan jenis gandum kualitas terbaik serta mengandung protein lebih banyak dibandingkan jenis gandum lainnya. Ini menghasilkan pasta dengan kualitas premium, otentik, serta tekstur pasta al dente.
Pasta San Remo terbagi ke dalam dua jenis pasta utama, yaitu pasta panjang dan pasta pendek. Pasta panjang San Remo terdiri dari spaghetti, instant spaghetti, angel hair, fettuccine, spinach fettuccine, linguine, vermicelli, dan spaghetti wholemeal. Sedangkan pasta pendek San Remo terdiri dari penne, spirals, small shells, rigatoni, bowties, fusilli, fusillini, elbows, macaroni, dan soup pasta. Selain pasta panjang dan pasta pendek, San Remo juga memproduksi saus dan varian pasta lainnya, di antaranya:
Saus Pasta: Bolognese, Napolitana, Bolognese & Mushroom, Tomato-Onion & Garlic, Spicy Tomato & Capsicum, dan Tomato & Basil
La Pasta (pasta siap masak): Chicken Curry, Sour Cream & Chives, Macaroni Cheese, Mushroom & Herb, Carbonara, Alfredo, dan Four Cheese
Spesialisasi: Instant Lasagna, Curly Instant Lasagna, Couscous, Egg Noodle Tagliatelle, Vegeroni Spirals Tricolori, dan Fettuccine all’ uovo

Kenapa San Remo menjadi pasta terbaik
Tahukah kamu, kalau pasta san remo memiliki kandungan durum weat lebih banyak, Semakin banyak maka semakin bagus dan juga sedikit mahal. Dikarenakan pasta dengan bahan 100 persen durum wheat mengandung asam amino, serat yang lebih banyak.
Pasta San Remo dihasilkan dari tepung gandum dengan jenis semolina serta tanpa bahan pengawet dan pewarna buatan. Menggunakan tepung durum wheat dari biji gandum yang menguning di ladangnya langsung tanpa bantuan alat atau bahan buatan. Diolah dengan menggabungkan metode traditional Italia dan tekhnologi modern menghasilkan gandum kualitas terbaik.
Tepung semolina dapat membuat kita menjadi kenyang lebih lama dikarenakan memiliki proses cerna yang lamban diperut. Serta berkhasiat meningkatkan fungsi ginjal, kekebalan tubuh, memberikan energi dan menyehatkan tulang dan sistem saraf. Bagi orang dengan intoleransi gluten, sebaiknya menghindari gluten. Akan tetapi pada tahun 2013, San Remo telah memproduksi pasta bebas gluten, sehingga dapat menikmati pasta tanpa harus khawatir
Aneka macam pasta San Remo 

Kalau bicara pasta, maka spagheti selalu menjadi nomer satu di indonesia. Tapi tahukah kamu ada banyak jenis pasta teryata dan di San remo ada 20 jenisnya. Sedangkan jenis pasta sendiri ada dua yaitu long pasta dan short pasta. Cara mengolah pasta juga berbeda, baik direbus terlebih dahulu atau langsung dimasak.
Long Pasta yaitu pasta yang berbentuk panjang (seperti namanya) diantaranya adalah Spagethi, Linguine, Fettucine, Angel Hair, Spinach Fettucine, dan Vermicelli.
Sedangkan Short Pasta mempunyai bentuk yang cukup unik dan beragam. Bentuk tersebut tentunya juga mempunyai alasan. Sebagai contoh pasta Cannelloni, pasta yang berbentuk seperti tabung, agar pasta tersebut dapat menyimpan saus, tidak cepat masak serta gampang hangus. Tipe pasta ini cocok dimasak dengan dipanggang.
Short Pasta diantaranya Spirals, Penne, Small Shells, Macaroni, Elbows, Vegeroni Pasta Shapes, Vegeroni Spirals, Rigatoni dan Bowties.

Memasak Bersama San Remo

Sebuah kebahagian, bisa memasak bersama San Remo, bertempat di Hard Rock Cafe, acara dimulai pukul 16.30 wib, dibuka oleh MC kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Ibu Jenny selaku perwakilan dari San Remo, Ibu Jenny menjelaskan sejarah San Remo (kamu bisa baca diatas). Hal baru yang saya dapat dari penjelasan Bu Jenny adalah kandungan Durum semolina yang terdapat dalam Pasta San Remo, Gandung Durum adalah tepung yang hampir 83%-nya terbuat dari Endosperm, yaitu bagian dari biji tumbuhan berbunga hasil dari pembuahan ganda selain embrio, mengandung protein, karbohidrat, dan vitamin B. Memiliki kualitas gandum yang terbaik karena tinggi protein, berwarna kuning keemasan, mengandung karbohidrat kompleks, dan rendah indeks glikemik. 
Bagi penderita diabetes, sangat penting mengonsumsi makanan dengan kadar indeks glikemik yang rendah. Indeks Glikemik adalah angka yang menunjukkan kadar peningkatan gula darah pada makanan yang kita konsumsi. Makanan dengan kadar indeks glikemik yang rendah tidak akan menaikkan kadar gula darah secara drastis. Selain kelebihan-kelebihan itu, San Remo juga memiliki tekstur Al Dente dan 100% GMO Free.
San Remo 100% GMO Free alias tidak mengandung bahan tambahan makanan seperti pewarna dan zat-zat kimia lain yang ditambahkan ke makanan. Bagi kita yang muslim, jangan khawatir karena San Remo telah  mendapatkan sertifikat halal Australia.
Acara kemudian dilanjutkan dengan demo masak oleh Chef Made dari Hard Rock Cafe Jakarta. Chef Made mendemokan 3 menu pasta, yaitu Spaghetti Aglio Olio with Chicken, Baked Penne Pasta with Chicken Sausage, dan Fettucine Marinara

San Remo Spaghetti Aglio Olio with Chicken


Ini adalah menu yang suka saya bikin di rumah, karena mudah dan gampil banget, kali ini Chef Made mendemokan Aglio Olio with Chicken, selama demo Chef Made Memberikan Tips and tricknya.

San Remo Baked Penne Pasta with Chicken Sausage

Ini juga salah satu menu dinner favorite keluarga, karena bikinnya mudah dan semua orang suka karena dirumah semua orang suka keju dan sosis.

San Remo Fettucine Marinara


Ini menu pasta baru yang saya belum pernah coba sebelumnya, cukup mudah dan sebagai pegemar seafood saya langsung jatuh cinta dengan menu ini. Seperti namanya mariana itu diambil dari marine alias laut, fettucine dan seafood, yes, saya yakin menu ini bisa jadi favorite keluarga saya.

Hari Pasta sedunia 
Kongres Pasta Sedunia menetapkan tanggal 25 Oktober sebagai Hari Pasta Sedunia sejak tahun 1995. Ini karena pasta sudah menjadi makanan internasional dan sangat dikenal di seluruh dunia. Hari Pasta Sedunia bertujuan untuk memperkenalkan dan menyebarkan informasi tentang pasta sebagai masakan tradisional dunia. 
Di Hari Pasta Sedunia ini ada promo diskon 10% untuk semua varian pasta San Remo di Lotte Mart. Wuih, lumayan banget kan diskonnya. Informasi lebih detil mengenai produk pasta San Remo.

Aneka Produk San Remo 

Produk San Remo bisa didapatkan di supermarket dan hypermarket terdekat dengan detil harga:
Pasta Rp 21.000- Rp 22.000, terdiri atas pasta panjang, yaitu spaghetti, instan spaghetti, angel hair, fettucine, spinach fettucine, linguine, vermicelli, dan spaghetti wholemeal. Sedangkan pasta pendeknya ada penne, spirals, small shells, rigatoni, bowties, fussili, elbows, macaroni, dan soup pasta. 
La Pasta Rp 18.000-Rp 20.000, pasta siap masak yang bisa lebih cepat dimasak terutama saat sedang diburu waktu. Tersedia rasa Chicken Curry, Sour Cream & Chives, Macaroni Cheese, Mushroom Herb, Carbonara, Alfredo, dan Four Cheese. 

Saus Pasta Rp 50.000, tersedia rasa Bolognese, Napolitana, Bolognese & Mushroom, Tomato-Onion & Garlic, Spicy Tomato & Capsicum, dan Tomato & Basil. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent Post