Latest News

Jumat, 22 Desember 2017

Umami Food Marathon: Betawi Punya Seler




Sudah 4 tahun saya di Jakarta, tapi jujur sebagai pick eater, saya tidak banyak mengenal makanan di Jakarta, khususnya makanan asli Jakarta, atau bisa dibilang makanan Betawi, karena warga Betawi adalah warga asli Jakarta.

Makanan Betawi yang saya cukup familiar dan sering makan karena suka adalah soto betawi, sisanya saya tidak begitu tahu. Dan senengnya kemarin berkesempatan nyobain aneka makanan  betawi, tidak hanya satu akan tetapi banyak banget, acara kemarin bareng Umami Food Marathon yang diadakan oleh Ajinomoto dan Tabloid Bintang. Acara ini dihadiri oleh 20
Start : Kantor Pusat Ajinomoto

Perjalanan seru ini dimulai dari meeting kantor yang juga bersebelahan dengan pabrik Ajinomoto di Sunter. Saya baru pertama kali ke daerah ini, ya maklum area jangkauan saya hanya sampai selatan dan pusat saja, sedangkan kantor Ajinomoto ini terletak di Jakarta utara. 

Jam 7 pagi saya sudah sampai sana dan banyak blogger juga sudah berkumpul, senang bisa ketemu banyak orang. Kami semua berkumpul di sebuah ruangan yang ada kitchen didepannya. Saya pikir kita akan cooking class disini, teryata saya salah, saat saya keluar menuju tempat pertama dalam Marathon ini, saya berpapasan dengan rombongan yang saya pikir akan cooking class di dalam.
Acara dibuka dengan sambutan dari Bapak Fahrurozi selaku perwakilan dari Ajinomoto dan yeah Umami Food Marathon dimulai. 

Pemberhentian Pertama: WARUNG MAK DOWER, RAWAMANGUN

Lokasi pertama tidak jauh dari kantor Ajinomoto tepatnya di Rawamangun, ada 1 lokasi resto yang menjual masakah khas betawi yang lezat dna legendaries. Dengan bus kami dan rombongan menuju kesana. 

Warung Mak Dower adalah nama restonya, dari menunya terlihat banyak makanan khas betawi yang tidak saya ketahui, saat kami datang sudah tersedia banyak sekali aneka masakan di meja yang saya sudah tidak sabar untuk mencobanya. 

Aneka masakan terhidang dengan enaknya dengan aneka nama yang membuat saya tertawa dan makin penasaran ingin mencobanya.
Puas makan-makan kami langsung Talkshow tentang Gizi untuk meluruskan pemahaman yang salah terhadap MSG (Monosodium L-Glutamat) yang belakangan ini terjadi di masyarakat.Dulu saya sering mendengar dan pernah percaya bahwa kalau kebanyakan makan MSG bisa menyebabkan bodoh. Jadilah generasi micin ini dianggap sebagai anak-anak yang gak tau aturan akibat sering kebanyakan msg. Benarkah begitu?

Menurut dr. Diyah Eka Handayani, M. Gizi, SpGK yang membahas MSG. penggunaan MSG yang tepat tidak akan membahayakan kesehatan kita. Apalagi tujuan dari penggunaan MSG ini adalah penambah rasa masakan.

Sedangkan menurut Chef Ari Galih yang menggunakan MSG saat memasak masakan Asia. Yang sarat dengan aneka bumbu, dan untuk menguatkan rasa masakannya dibutuhkan sedikit MSG, sedangkan orang non Asia mengunakan butter sebagai penyedap mereka.  

Soal keamanan jangan khawatir, karena MSG ini sudah masuk dalam Permenkes RI No. 722/Menkes/Per/IX/88 tentang Bahan Tambahan Makanan (BTP Flavor Enhancer). Dimana Bahan Tambahan Makanan ini adalah Bahan Tambahan Makanan yang dapat memberikan, menambah atau mempertegas rasa dan aroma.



Cooking demo Chef Ari Galih Live Cooking Demo

Selesai talkshow, Chef Ari Galih langsung demo masak untuk kami dengan dua menu , yaitu Gabus Pucung dan Pecak Bandeng. Kedua menu ini menggunakan sejumput Ajinomoto sebagai penambah rasa. Dan sekarang saya bisa tahu bagaimana memasak dua makanan enak itu. 

Pemberhentian kedua: SOTO BETAWI H. HUSSEIN, MANGGARAI



Yang kedua ini adalah kuliner yang saya tunggu, soto Betawi adalah favorite saya all the time. Apalagi saat itu sedang hujan deras, Soto Betawi dan hujan, kombinasi yang menarik banget kan. Soto Betawi H Hussien ini Lokasinya dekat dengan pusat perbelanjaan Pasar Raya. Dan berada di jalan yang sempit dan ramai. Tempatnya selalu rame, tipe makanan yang come, eat and go, bukan buat ngoki cantik yak, apalagi jadi lokasi digital nomad seharian. Enak she ngerjain tugas sambil makan soto, cuman kan yak heheh bakalan dipelototin pelanggalan lain. Soal rasa jangan ditanya dah ah manteb abis.
Pemberhentian terakhir: SETU BABAKAN, JAGAKARSA



Bukan pertama kalinya saya ke Setu Babakan, tapi saya tidak pernah bosan kedaerah ini, selain tempatnya yang asri, saya bisa melihat banyak makanan enak dan unik disana.
Sebelum coba kuliner Betawi di sini, kami diajak dulu berkeliling ke museum yang menyimpan berbagai hal tentang kesenian dan budaya Betawi. Di sini kita lihat alat musik, pakaian daerah, sampai juga makanan tradisionalnya. Bahkan kita sempat lihat tempat pembuatan batik cap maupun tulis.


Oh ya juga ada dua demo, Bir Pletok dan Kerak Telor. Kita disini melihat cara pembuatannya sekaligus mencoba rasanya.
Dan hari itu indah sekali. Terima kasih Ajinomoto

12 komentar:

  1. Wuuuaaaahhh... sedaaaap bener ini. Wiwiwawaaaaaawwww!!! MSG mah baek2 aje yeee... iyee kan iye kan. Aman kok.

    BalasHapus
  2. asikknya ya makan2 smbil dapat ilmu dan tips memasak serta info tntng MSG..keren dh

    BalasHapus
  3. Jadi, Dita doyan Soto Betawi? Abis brapa porsi dit?

    BalasHapus
  4. Bir pletoknya enaaaak.. saya habis 4 gelas.. hahaha.. nanti mau coba hasil workshopnya aah.

    BalasHapus
  5. Liat buni jadi teringat masa kecil.. sayang sekarang di sekitar rumah gak ada pohon buni karena udah di tebang buat rumah

    BalasHapus
  6. Gila, saya baru pertama kali makan di warung soto yg tipenya come, eat and go. Hihi serasa gak bisa menikmati gtu. Hehe ramenya puooollllll...

    BalasHapus
  7. Itu SoBet Haji Husen memang legend banget ya. Rameee teruuus.
    Mak Dower, aku mau balik lagi ksana

    BalasHapus
  8. warung mak dower bikin bibir dower tapi ketagihan enaknyaa

    BalasHapus
  9. Makanan Betawi banyak yang enak :D

    BalasHapus
  10. semoga bisa icip makanan di Warung Mak Dower lagi, suka sama rasa masakannya

    BalasHapus
  11. seru ya kuliner ke tempat-tempat enak jadi susah move on bawaannya pengin balik lagi ke sana

    BalasHapus
  12. Aku pernah penasaran sama gabus pucung, saiki wis keturutan, enak yaa

    BalasHapus

Recent Post