Latest News

Selasa, 02 Januari 2018

Fakta Unik Santan Kelapa dan Khasiatnya


Semua orang pasti sudah tahu kalau indonesia terkenal dengan masakan yang banyak mengunakan santan, banyak baik makanan or minuman yang mengunakan santan sebagai olahannya, di luar negeri santan atau yang familiar mereka sebut dengan coconut milk, banyak sekali manfaat loh.
Santan kelapa merupakan sari dari perasan daging buah kelapa yang telah dikukur atau diparut. Biasanya, pengolahan santan kelapa digunakan dalam masakan berupa sayur santan, daging, maupun sebagai kuah dalam maskaan manis seperti kolak dan es campur. Hal ini disebabkan karena santan memiliki cita rasa yang tinggi dan khas. Berikut beberapa manfaat santan.
1.      Mencegah Anemia. Kandungan zat besi di dalam santan kelapa sangat baik untuk menambah darah dan mempertahankan kadar Hb darah.
2.      Kalsium. Kandungan kalsium serta fosfor di dalam santan sangat bagus untuk pertumbuhan dan menjaga tulang serta gigi tumbuh sempurna.
3.       Memperkuat sistem Imun. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi dalam santan kelapa mampu membantu menjaga sistem kekebalan tubuh.
4.      Antioksidan. Kandungan ini berperan dalam menangkal radikal bebas pada tubuh.
5.      Penyubur rambut. Santan kelapa yang kemudian diambil minyaknya ternyata dapat menyuburkan dan menghitamkan rambut. Selain itu, santan kelapa juga dapat membantu mengurangi kerontokan rambut. Tentu saja dengan penggunaan secara rutin.
6.      Mengencangkan kulit. Santan kelapa yang dijadikan sebagai olesan wajah setiap pagi hari dapat membantu mengencangkan dan mengenyalkan kulit.
7.      Mencegah penuaan. Dengan mengkonsumsi santan kelapa secara teratur, maka kemungkinan besar Anda akan awet muda dan mencegah penuaan dini.
8.      Melembabkan kulit. Selain mengencangkan kulit, ternyata santan kelapa yang dioleskan pada wajah mampu melembabkan kulit yang kering.
9.      Sebagai tabir surya. Kulit yang diolesi santan kelapa akan mencegah akibat terbakar karena sinar mentari.
10.  Menyehatkan kulit kepala. Kandungan nutrisi yang ada di dalam santan kelapa ternyata juga mampu menyehatkan kulit kepala jika digunakan secara teratur pada kepala. Hal ini terlepas dari khasiat menyuburkan rambut.
Komunitas Kreasi Sasa 

Oh ya saya mendapatkan inspirasi memasak aneka olahan masakan indonesia lewat Komunitas Kreasi Sasa, sebuah Facebook Group yang merupakan komunitas yang dibuat sebagai bentuk penghargaan kepada SasaCooks (sebutan untuk fans Sasa) yang telah setia bersama Sasa. Melalui Komunitas Kreasi Sasa, SasaCooks akan memperoleh banyak manfaat, seperti inspirasi resep harian, tips, dan yang ga kalah pentingnya, SasaCooks member Komunitas Kreasi Sasa menjadi prioritas utama untuk diundang ke event Sasa, seperti Sasa Cooking Class dan kopdar (rencananya). Mau juga seperti saya? Yuk segera bergabung di Komunitas Kreasi Sasa di http://bit.ly/GroupKomunitasKreasiSasa

Sasa Santan Kelapa

Eh udah tahu belum Sasa ngeluarin produk baru berjenis santan, bukan santan bubuk seperti sebelumnya, tetapi santan kental dalam kemasan tetrapack. Saya tahu bahwa sudah ada banyak produk santan kental yang beredar di Indonesia, akan tetapi ini beda loh dan kamu wajib untuk mencobanya. Mau tahu kelebihannya? Yuk cek keterangannya di bawah ini.
karakter rasa dan aroma seperti kelapa yang baru diperas, serta tekstur kekentalan yang pas. Bahan yang digunakan untuk Sasa Santan Kelapa ini juga kelapa tua pilihan sehingga rasa yang dihasilkan sudah terjamin kelezatannya. Sasa Santan Kelapa tidak pecah saat dimasak dan tidak berbau tengik. Meskipun branding-nya adalah santan instan, warna putih pekatnya sama dengan santan yang baru diperas. Tekstur kekentalannya yang pas membuat Sasa Santan Kelapa praktis dan cocok dipakai untuk semua jenis masakan dan minuman.

Sasa Santan Kelapa ini tidak mengandung bahan pengawet.  Sasa Santan Kelapa tidak mengandung pengawet sehingga aman untuk dikonsumsi semua orang. Kemasan yang digunakan sudah melewati proses sterilisasi, sehingga produk di dalamnya terlindungi. Uniknya, Sasa Santan Kelapa bisa disimpan di ruangan dengan suhu kamar dengan kemasan yang belum terbuka. Cara mudah mengetahui santan masih dalam kondisi baik atau tidak adalah dengan mengecek warnanya, apakah masih segar atau tidak, rasanya gurih dan agak manis seperti kelapa alami.
Pokoknya memasak di rumah dengan Sasa Santan Kelapa itu dijamin mudah, hemat dan higenis loh. Gak perlu repot-repot kalau pakai Sasa Santan Kelapa.

Launching Sasa Santan Kelapa

Beruntung banget saya diundang ke event Launching Sasa Santan Kelapa pada tanggal 20 Desember 2017 di PT Sasa Inti yang berlokasi di Jl. Let. Jend. S. Parman Kav 32 – 34, Jakarta Barat. Acara dikemas sedemikian rupa mewahnya. Saya senang sekali.
Acara dibuka tepat jam 9 pagi oleh Bapak Ronny A. Imbar selaku Presiden Direktur PT Sasa Inti, kemudian dilanjutkan talkshow dari Chef Vania Wibisono dan Pak Sutjipto perwakilan dari Sasa. Talkshow ini menjelaskan fakta seputar santan yang tidak mengandung kolesterol dan ciri santan yang baik untuk digunakan itu ga berbau tengik. 

Talkshow juga menjelaskan manfaat santan dan kelebihan produk Sasa Santan Kelapa. Sasa Santan Kelapa terbuat dari kelapa tua pilihan sehingga rasa dan aromanya segar seperti kelapa yang baru diperas. Kekentalannya yang pas (ga encer dan ga terlalu kental) dan dikemas dalam ukuran 65 ml membuat Sasa Santan Kelapa praktis dan cocok digunakan untuk semua jenis masakan, makanan, dan minuman. :D Ini nih yang paling penting, Sasa Santan Kelapa tidak mengandung bahan pengawet sehingga aman dikonsumsi semua kalangan usia. Kemasan yang digunakan sudah melewati proses sterilisasi, sehingga produk di dalamnya terlindungi. Pokoknya memasak di rumah dengan Sasa Santan Kelapa itu dijamin praktis, hemat dan higenis loh. Gak perlu repot peras kelapa lagi deh kalau sudah stok Sasa Santan Kelapa di rumah 😉

Nah, acara selanjutnya yang kita tunggu.. Yak!!! Launching Sasa Santan Kelapa. Launching dikemas dalam cara yang unik banget. Saya kira kelapa besar di ruang auditorium cuma hiasan saja. Eh ga taunya, kelapa besar itu menyembunyikan dummy pack shot Sasa Santan Kelapa besar loh! Wow. Keren banget! Launching Sasa Santan Kelapa diresmikan oleh Bapak Ronny A. Imbar, Chef Vania Wibisono, dan Pak Sutjipto.
Acara tidak berhenti di sini saja. Sasa juga mengadakan demo masak, challenge Food Photography dan Livestagram juga loh. Para pemenang yang terpilih akan diumumkan di penghujung acara nanti 😉
Cooking Demo with Chef Kong

Acara kemudian berlanjut dengan demo masak ada beberapa menu menggunakan Sasa Santan Kelapa, seperti Mango Thai, Soto Betawi, Rendang, Salad Buah, dan Ikan Dory. Chef Kong juga mengundang 4 peserta untuk ikut serta membantunya. Mango Thai yang dibuat Chef Kong berbeda dari Mango yang dijual karena menggunakan Sasa Santan Kelapa sebagai pengganti wheep cream. It’s so yummy! :D
Belajar Food Photography 

Selain launching produk dan demo masak, Sasa turut mengadakan kelas Food Photography dan foodstyling yang dipandu oleh Ayu Diah Respatih, Eliza Setiawan dan Chef Vania Wibisono. Sesi ini cukup seru loh karena kita bisa langsung belajar dari ahlinya dan mencoba bagaimana memfoto makanan yang baik dan benar. Ayu Diah Respatih dan Eliza Setiawan mengajarkan para peserta bagaimana memotret makanan supaya hasilnya tampak enak sehingga orang-orang tertarik untuk mencicipinya. Hehehe. Saya senang banget bisa belajar dari mereka. Oh iya, adapun masakan yang difoto meliputi masakan yang dimasak Chef Kong tadi loh. :D Penasaran yah? Ini dia foto-foto yang saya potret. Udah bikin ngiler belum? Hahahaha.

Acara ditutup dengan pengumuman pemenang Food Photography dan Livestagram serta foto Bersama loh.
Seru bukan? Beruntung banget deh menjadi member Komunitas Kreasi Sasa. Yuk segera gabung pastinya kamu juga akan diundang di event-event Sasa berikutnya 😉 Jangan lupa stok Sasa Santan Kelapa yang Aslinya Santan supaya masak di rumah jadi praktis tis tis.. :D
#belajarmasak #sasacookingclass #SasaSantanKelapa #AslinyaSantan #KreasiSasa


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent Post